SISTEM KOMUNIKASI PEMASARAN

Nama : Rachmandianto
Npm : 10208981
Kelas : 3ea10
Tugas : Manajemen Komunikasi Pemasaran

SISTEM KOMUNIKASI PEMASARAN

Dalam upaya memasarkan produk, perusahaan perlu menjalin komunikasi yang baik dengan konsumen dan perantara melalui komunikasi pemasaran. Untuk itulah bagaimana berita yang disampaikan akan melewati melalui distributor/perantara sehinga sampai pada tangan konsumen. Dalam hal ini akan dijelaskan bagaimana komunikasi pemasaran berjalan langkah demi langkah.
Dalam kasus ini, perusahaan memproduksi barang/jasa sebagai kebutuhan konsumen. Dengan kata lain perusahaan berusaha memenuhi keinginan konsumen dari sebagian atau keseluruhan masyarakat yang membutuhkan barang/jasa dari produsen tersebut. Hal yang pertama dilakukan produsen adalah membuat iklan, sebagai sarana mengenalkan produk/jasanya terhadap masyarakat sehingga masyarakat dapat mendengar, bereaksi dan menanggapi dari produk yang diiklankan. Iklan sendiri merupakanbentuk presentasi yang bukan dilakukan oleh manusia tetapi melalui media dan merupakan promosi gagasan yang berkenaan dengan produk. Penjualan tidak hanya melalui iklan tetapi juga melalui promosi yang merupakan bentuk dari jenis pengenalan produk secara insentif jangka pendek untuk mendorong orang mencoba dan membeli produk/jasa. Dengan begitu konsumen akan memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka terhadap produk yang ditawarkan oleh produsen. Setelah informasi ia (konsumen) dapatkan dari sebuah iklan dan promosi yang bersifat persuasif (mengajak) kepada konsumen yang memiliki perhatian, ketertarikan, hasrat, keputusan maka konsumen akan melakukan action, yakni merupakan tindakan pembelian produk/jasa yang ditawarkan. Yang sebelumnya antara produsen dan konsumen akan melakukan negosiasi berupa demand/supplay (permintaan/peawaran) sehingga akan membentuk harga pasar terhadap produk/jasa.
Kemudian hal diatas akan saling menguntungkan dari kedua pihak, bagi produsen akan mendapatkan laba atau keuntungan dari pejualan barang/jasa. Sedangkan konsumen akan mendapatkan kepuasan akan barang/jasa yang ia beli dari produsen sesuai dengan kebutuhan dan keingina mereka masing-masing.
Dengan system komunikasi diatas, maka akan terjadi keberhasilan dalam perekonomian yang strategis, artinya komunikasi itu akan berlanjut yang pada akhirnya akan menjalankan roda perekonomian dalam suatu Negara.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: