BAB III. METODOLOGI

BAB III. METODOLOGI

III.I. Metode Pengumpulan Data
Dalam penelitian ini digunakan data sekunder, sumber yang diperoleh dengan metode ini dipergunakan untuk memperoleh data dari buku-buku referensi dan jurnal-jurnal serta http://www.indomaret.co.id yang berhubungan dengan penelitian ini.
Dalam meningkatkan persepsi konsumen pengusaha waralaba harus mampu mengubah pandangan konsumen dengan apa yang sudah konsumen terima dalam persepsi yang mereka miliki. Upaya inilah yang yang sangat berperan dalam majunya bisnis waralaba yang kita kembangkan.
Dari hasil pengumpulan data dihasilkan sebagai berikut sebagai variabel-variabel penunjang perubah persepsi konsumen terhadap waralaba Indomaret perum. Margahayu Jaya Bekasi, antara lain :
1. Promosi
Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk yang ditawarkan, dengan mengenalkan produk baru kepada konsumen sehingga konsumen tahu dan berniat untuk membeli produk yang ditawarkan. Hal yang perlu di sampaikan mengenai keunggulan dari produk baru yang ditawarkan.
2. Iklan
Iklan dapat dilakukan dengan melalui beberapa media antara lain, melalui media elektronik seperti melakukan iklan di media televisi. Iklan di media televisi mempunya peran yang sangat besar dalam mengubah persepsi konsumen terhadap bisnis waralaba. Iklan lain yang dapat dilakukan adalan dengan menggunaan media ctak seperti koran, majalah dan brosur-brosur yang diberikan langsung door to door. Bahkan dengan menggunakan media internet yang sangat berpengaruh dengan mengenalkan produk maupun profil bisnis waralaba tersebut.
3. Diskon
Diskon dapat diberikan kepada konsumen yang membeli langsung produk yang ditawarkan. Diskon juga aknan meningkatkan jumlah produk yang dijual karena persepsi konsumen menilai produk yang dijual dengan diskon lebih murah dibanding produk tanpa diskon. Diskon memberi efek besar dalam peningkatan permintaan terhadap produk yang dijual.
4. Bekerja sama dengan Pengusaha Produk yang di Jual
Maksudnya adalah melakukan partnership antara pemilik waralab dengan produk yang dijual, dapat berupa memasang spanduk khusus terhadap produk partnership yang pada initnya mengenalkan produk partnership kepada konsumen.
5. Doorprize terhadap Produknya
Kegiatan ini memberikan harapan kepada konsumen yang telah membeli produk. Dengan menawarkan misal dengan harga tertentu konsumen akan mendapatkan kupon yang berkesempatan mendapakan doorprize.
6. Pelayanan Ramah
Dalam berbagai usaha, pelayanan ramah memang memiliki peran penting karena konsumen akan berhadapan langsung kepada pramuniaga. Untuk itu pelayanan yang diberikan harus optimal, bahkan dalam beberapa bisnis waralaba ada yang berani memberikan ganti rugi kepada konsumen jika konsumen tidak mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari pramuniaga.
7. Fasilitas
Fasilitas yang dapat diberikan antara lain seperti fasilitas parkir yang luas, AC, penitipan barang bawaan dan pembayaran dengan kartu debit/kredit.
8. Sewa Tempat Usaha
Selain menawarkan produk, bisnis waralaba juga menawarkan tempat usaha bagi pengusaha lain untuk mengembangkan bisnisnya. Dari sini konsumen akan melihat bahwa pemilik waralaba menyediakan alternatif produk selain produk mereka.

Dengan data diatas, waralaba Indomaret telah mengubah persepsi masyarakat sehingga konsumen menjadi pelanggan dan mereka mengambil keputusan dengan berbelanja ke Waralaba Indomaret.

III.2. Metode Analisis Data
Metode analisis penelitian ini menggunakan Metode Operasional Riset, yakni :

Fasilitas Iklan Diskon
Pelanggan Indomaret : 15 10 25 3000
Pelanggan Waralaba X : 10 20 15 2500
700 500 1000

Pembahasan :

Variabel Keputusan :
X1 : Pelanggan Indomaret
X2 : Pelangan Waralaba X

Z Maximum = 3000X1 + 2500X2

Keputusan : Fasilitas : 15X1 + 10X2 ≤ 700
Iklan : 10X1 + 20X2 ≤ 500
Diskon : 25X1 + 15X2 ≤ 1000

X1,X2,X3 ≥ 0

Analisis : jadi, pelanggan waralaba Indomaret lebih banyak datang dikarenakan oleh faktor Diskon sehingga harga lebih murah, kemudian Iklan dan yang dipengaruhi oleh Fasilitas.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: