Meningkatkan Konsentrasi

Banyak mahasiswa/i yang mengalami kesulitan berkonsentrasi saat belajar.  Mampu berkonsentrasi sementara Anda belajar adalah penting untuk melakukan dengan baik di kelas dan di tes.
Berikut adalah 10 saran untuk meningkatkan konsentrasi belajar Anda:
1.    Studi di tempat yang tenang yang bebas dari gangguan dan interupsi.  Cobalah untuk menciptakan ruang yang ditujukan semata-mata untuk belajar .
2.    Membuat jadwal studi yang menunjukkan apa tugas yang perlu Anda capai dan bila Anda berencana untuk menyelesaikan tugas masing-masing .  Ini akan memberikan Anda dengan struktur yang Anda butuhkan untuk belajar efektif.
3.    Cobalah untuk belajar pada saat hari kerja Anda yang terbaik.  Sebagian orang bekerja dengan baik di pagi hari, yang lain larut malam.  Kau tahu apa yang terbaik untuk Anda.
4.    Pastikan Anda tidak lelah dan / atau lapar ketika Anda belajar.  Jika tidak, Anda tidak akan memiliki energi yang Anda butuhkan untuk berkonsentrasi.  Juga, menjaga kebugaran fisik Anda.
5.    Jangan mencoba untuk melakukan dua tugas pada waktu yang sama.  Anda tidak akan dapat berkonsentrasi pada salah satu yang sangat baik. Konsentrasi berarti berfokus pada satu hal dengan mengesampingkan semua lain.
6.    Break besar menjadi serangkaian tugas tugas yang lebih kecil bahwa Anda dapat menyelesaikan satu per satu.  Jika Anda mencoba untuk menyelesaikan sebuah tugas besar sekaligus, Anda mungkin merasa kewalahan dan tidak akan mampu menjaga konsentrasi Anda.
7.    Tenang.  Sulit untuk berkonsentrasi ketika Anda tegang.  Sangat penting untuk bersantai saat bekerja pada sebuah tugas yang membutuhkan konsentrasi.  Meditasi sangat membantu banyak mahasiswa/i.
8.    Kosongkan pikiran Anda dari pikiran mengkhawatirkan.  ketenangan mental adalah penting untuk konsentrasi.  Anda bisa mendapatkan terganggu oleh pikiran Anda sendiri.  Monitor pikiran Anda dan mencegah diri dari berikut apapun yang membawa Anda keluar jalur.  Jangan melamun.
9.    Mengembangkan minat pada apa yang Anda pelajari.  Cobalah untuk berhubungan dengan apa yang Anda belajar untuk hidup Anda sendiri untuk menjadikannya sebagai bermakna mungkin.  Hal ini dapat memotivasi dirimu untuk berkonsentrasi.
10.    Istirahat setiap kali Anda letih. Tidak ada rumus untuk menetapkan kapan harus istirahat.  Anda akan tahu kapan Anda harus beristirahat.

“Belajar tanpa konsentrasi seperti mencoba mengisi ember dengan air ketika ember memiliki lubang di bagian bawahnya. ”

(ref: Howtostudy.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: